Pengaruh Teknologi IT Bagi Perkembangan Anak

Teknologi IT yang kian canggih membuat aktivitas diberbagai bidang kegiatan menjadi sangat mudah dan cepat. Sebagai contoh, dengan teknologi komunikasi canggih, jarak antar kota, antar pulau, bahkan antar benua menjadi seolah tanpa batas. Segala bentuk komunikasi semakin cepat. Hal tersebut juga memicu pertumbuhan ekonomi global semakin pesat dengan persaingan yang ketat.

Anak adalah adalah tumpuan kasih sayang kedua orang tuanya yang tanpa batas. Kemajuan teknologi sejenis sudah merasuki setiap celah di rumah kita. Siaran televisi, komputer & internet, ponsel pintar dll. , semuanya sudah merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut mau tidak mau, sadar atau tidak sadar,  secara sengaja atau tidak, maka anak-anak dibawah usia akan menerima masukan dan input keberadaan tersebut. Sebagai contoh, tanpa disadari seorang ibu yang sedang menyuapi anak berusia 2 atau 3 tahun sambil mainan Game menggunakan  TAB atau ponsel pintar, sambil mengunyah makanan anak memperhatikan apa yang sedang dilakukan ibunya, dan dengan cepat si anak akan menangkap dan ingin meniru apa yang dilakukan ibunya. Contoh lainnya, tayangan televisi yang tidak pantas dilihat oleh anak dibawah usia, sengaja atau tidak akan tertangkap oleh anak yang otaknya masih bersih dan cerdas yang selanjutnya akan terekam dalam memori daya ingat yang masih kosong, sehingga akan tertanam.

Dari semua kejadian yang secara bertahap akan ditangkap dan direkam oleh data ingatan anak yang kuat, maka tanpa disadari perubahan perilaku anak akan mengalami perbedaan dengan anak-nak lainnya. Pengaruh terhadap perubahan perilaku tersebut bisa negatif  atau positip tergantung dari kuantitas dan kualitas pengaruh teknologi yang sempat diterima anak. Oleh sebab itu tugas orang tua dalam mendidik dan membimbing anak di era teknologi seperti sekarang ini menjadi semakin berat.

About Endang Kusman

Pensiunan IPB-Mei 2013, Bisnis Online, Desain Rumah. Lihat semua pos milik Endang Kusman

Komentar yang tidak langsung muncul, artinya komentar yang dianggap spam.