Cara Merawat Ikan Hias di Rumah

Bagi agan-agan yang mempunyai hoby atau menyukai ikan hias sudah dipastikan di rumah masing-masing sudah memeliharanya di aquarium atau kolam ikan hias. Saya juga termasuk yang punya kesukaan memelihara ikan di rumah, kalau saya bukan hanya ikan hias.. tapi ikan yang dapat dikonsumsi, seperti ikan nila merah, lele, atau ikan patin.

Agar ikan pertumbuhan ikan baik dan sehat pasti Anda juga sudah tahu, yaitu harus menjaga air akuarium dan kolam ikan tetap bersih dan bening, kemudian memberikan pakan yang sesuai.. jangan terlalu banyak atau sebaliknya. Kebanyakan memberi makanan maka air kolam dan aquarium akan cepat kotor dan makanan ikan terbuang. Biasanya anak-anak yang suka memberikan makanan berlebihan, oleh karenanya simpanlah makanan ikan pada tempat yang tidak terjangkau anak-anak.

Pompa dan sistem filter air tentunya harus baik dan sesuai. Ukuran pompa harus disesuaikan dengan volume air pada akuarium atau kolam. Yang penting debit air pompa harus mencapai jumlah volume air kolam/aquarium dalam 1 jam. Misalnya debit pompa air adalah 5 liter per menit, maka dalam 1 jam adalah 30 liter. Jadi untuk ukuran pompa tersebut maksimum volume air akuarium adalah 300 liter (ukuran akuarium bisa Anda hitung sendiri). Tips tersebut saya dapatkan dari adik saya yang kebetulan ahli perikanan hehe..!

Sistem filter sebaiknya ada 4 ruang. Ruang 1 sebagai pengendapan bisa menggunakan waring yang dilipat-lipat, ruang 2 sebagai filter dengan bahan filter yang halus (banyak dijual di toko aquarium), ruang 3 tampungan airt yang sudah bersih yang diisi dengan batu zeolit + arang batok kelapa. Dari filter 3 air di alirkan ke ruang 4 (ruang pompa) kemudian dipompa dialirkan ke tempat ikan. Itulah cara merawat ikan di kolam hias dan aquarium. Semoga bermanfaat!

Iklan

About Endang Kusman

Pensiunan IPB-Mei 2013, Bisnis Online, Desain Rumah. Lihat semua pos milik Endang Kusman

Komentar yang tidak langsung muncul, artinya komentar yang dianggap spam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: