Puncak Arus Balik 3 Agustus 2014

Mudik dan kebali ke kota merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh penduduk kota (perantau) setiap akhir bulan suci Ramadhan dan pasca Idul Fitri setiap tahun. Hari ini, Minggu tanggal 3 Agustus merupakan puncak arus balik, dimana setiap ruas jalan raya dimana-mana dipadati kendaraan umum dan kendaraan pribadi para pemudik yang akan kembali ke kota masing-masing tempat melakukan aktivitas.

Jalan raya jalur selatan menuju Bandung (Nagreg-Cilleunyi) menurut berita tempo.co pada puncak arus balik hari ini 3 Agustus 2014 penuh disesaki para pemudik yang mengalir deras dari arah timur.

Begitu pula pada jalur utara (Pantura), dimana para pemudik umumnya menuju Ibu Kota Jakarta. Berdasarkan data Dinas Perhubungan (tempo.co) Jakarta, jumlah bus yang tiba pada 1 Agustus 2014 atau tiga hari setelah Lebaran (H+3) sebanyak 2.146 unit dengan jumlah penumpang 39.322 orang. Artinya, total bus yang tiba di sejumlah terminal Jakarta hingga H+3 Lebaran mencapai 16.912 unit dengan jumlah penumpang 179.595 orang.

Wah.., kalau ditambah dengan tgl 2 dan 3 Agustus? Ternyata perantau Ibu Kota begitu banyak?? Seperti biasanya jumlah yang balik ke kota lebih besar dari jumlah pemudik, sebab pemudik biasanya membawa sanak saudara.

Dengan kembalinya para pemudik ke kota tujuan, maka berakhirlah seluruh rankaian kegiatan mudik-balik yang merupakan kegiatan rutin  warga kota (perantau) yang dilakukan pada akhir bulan Ramadhan setiap tahun. Selamat beraktivitas kembali!

Iklan

About Endang Kusman

Pensiunan IPB-Mei 2013, Bisnis Online, Desain Rumah. Lihat semua pos milik Endang Kusman

Komentar yang tidak langsung muncul, artinya komentar yang dianggap spam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: