Salah Bicara jadi Petaka

Ada ungkapan yang berbunyi : “lidah lebih tajam dari pedang” . Ungkapan tersebut sebenarnya merupakan pepatah yang intinya kita harus bisa menjaga lidah kalau berbicara jangan sampai membuat orang sakit hati. Memang benar kenyataannya di lingkungan kehidupan sehari-hari kita bisa menyaksikan atau merasakannya sendiri.

Salah bicara yang menimbulkan orang sakit hati bisa menimbulkan permusuhan, saling membenci, serta dendam berkepanjangan. Hal tersebut bisa terjadi di lingkungan tetangga , perkumpulan, atau di lingkungan tempat kerja. Orang yang merasa tersinggung atau sakit hati karena kita salah bicara tidak selalu orang yang pemaaf mudah memberi maaf kepada orang lain.

Salah bicara bisa disebabkan oleh kebiasaan berbicara salah, luapan emosi, atau karakter yang ceplas ceplos, kurang mengetahui tata krama dan budi pekerti, dan sebagainya.

Oleh karena itu kita dalam kehidupan sehari-hari dimanapun harus berhati-hati kalau berbicara, usahakan yang baik-baik jangan sampai keceplosan. Tutur kata dan budi pekerti yang baik juga perlu ditanamkan kepada anak-anak kita sejak kecil, agar mereka terbiasa berbicara yang baik dan sopan kepada siapapun.

Iklan

About Endang Kusman

Pensiunan IPB-Mei 2013, Bisnis Online, Desain Rumah. Lihat semua pos milik Endang Kusman

2 responses to “Salah Bicara jadi Petaka

  • Aulia Fitri

    Benar pak, saya teringat dengan uraian atau pun sebuah perumpaan yang ada di tubuh kita ini, yakni indera penglihatan diciptakan 2 untuk melihat, lalu pendengaran 2 untuk mendengar, setelah menimbangkan maka satu akan keluar, yaitu lewat mulut. Jadi, mulut ibarat hakim akan sebuah kata atau kalimat yang akan kita keluarkan berdasarkan pertimbangan telinga dan mata. 🙂

    Suka

Komentar yang tidak langsung muncul, artinya komentar yang dianggap spam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: