3 Penyebab Blog EndangKusman.WordPress.com Dibanned

Tahun 2008 saya mulai tertarik blogging.  Awalnya saya menggunakan layanan Blogger.com atau Blogspot. Tapi blog yang saya buat selalu gagal, selalu terjadi duplikat konten dan crawl error kalau dilihat di google webmaster tools, akibatnya blog saya sulit untuk mendapat ranking di google pencarian  dampak buruknya sepi pengunjung.  [Ngeblog di blogspot perlu sedikit negetahui tentang SEO].

Lanjut ceritera, saya menyerah untuk ngeblog di blogspot (waktu itu saya pemula banget) dan beralih ke wordpress.com membuat blog baru endangkusman.wordpress.com. Ternyata ngeblog di wordpress.com tidak perlu mengatur SEO dan menggunakan webmaster tools seperti di blogspot. Perkembangan blog saya sangat cepat.. hanya dalam waktu 3 bulan blog saya sudah PR 2. dengan jumlah pengunjung di atas 300/hari dan page view di atas 600. Saya hanya melakukan update blog rutin 1 judul posting per hari. Namun sayang, ketika blog sudah ber PR 4 pada awal tahun 2013 blog tersebut dibanned permanen oleh WordPress.

3 Penyebab blog endangkusman.wordpress.com dibanned WordPress.com:

  1. Memasang link program affiliate.  Beberapa saat setelah saving,  blog langsung dibanned, tapi masih bisa dimaafkan dengan mengirim email permintaan maaf karena tidak tahu;
  2. Mengikuti lomba SEO dengan membuat sebuah artikel perlombaan dan memasang link ke penyelenggara SEO. Beberapa saat setelah saving artikel langsung dibanned, tapi masih bisa dimaafkan dengan mengirim email seperti kesalahan ke 2;
  3. Membuat banyak artikel yang berkaitan dengan bisnis online saya dengan memasang link ke blog bisnis online. Aman tidak dibanned selama lebih dari 6 bulan. Pada suatu saat saya mau posting, blog sudah dibanned (awal 2013).

Pada kesalahan ke 3 tidak ada maaf, saya dianggap telah melakukan kesalahan yang tidak bisa dimaafkan karena membuat artikel-artikel yang berbau promosi. WordPress hanya memberi kesempatan untuk membackup blog dan menyarankan saya untuk mengupgrade blog premium. Kesalahan ke 3 sebenarnya kalau tidak ada yang melaporkan akan aman-aman saja, sebab saya sering melihat blog wordpress.com punya orang yang berisi artikel berbau promosi yang kalau ada yang melaporkan pasti dibanned.

Itulah pengalaman saya dalam menggunakan layanan blog wordpress.com. Semoga bermanfaat.

About Endang Kusman

Pensiunan IPB-Mei 2013, Bisnis Online, Desain Rumah. Lihat semua pos milik Endang Kusman

Komentar yang tidak langsung muncul, artinya komentar yang dianggap spam.

