Pertunjukan Wayang Golek Makin Langka

Pertunjukan atau pagelaran wayang golek di masyarakat Jawa Barat sekarang sudah jarang terlihat alias langka. Kurangnya minat masyarakat untuk sebuah pagelaran wayang wolek itu pasti ada penyebabnya.  Kalau jaman dulu pagelaran wayang golek merupakan jenis pertunjukan kesenian yang paling favorit masyarakat Jawa Barat pada acara resepsi pernikahan atau khitanan anak.

Memang sih, waktu itu hanya orang tertentu saja mampu menyelenggarakan pagelaran wayang golek pada acara pernikahan atau khitanan. Kalau orang yang kurang mampu biasanya cukup dengan pertunjukan kesenian sunda  lainnya seperti gamelan kawih, ketuk tilu, degung sunda, dll.

Untuk sebuah pertunjukan wayang golek biayanya cukup besar, kadang orang harus menjual sebidang tanah untuk membiayainya. Barangkali kurangnya minat masyarakat akan wayang golek  pada saat ini salah satunya adalah mahalnya biaya pertunjukan, kalau sekarang mungkin bisa mencapai di atas 50 jutaan rupiah.

Tapi, yang jelas tergesernya atau kurang diminatinya kesenian wayang golek dan kesenian sunda lainnya sebagai dampak perkembangan teknologi modern. Untuk membangkitkan masyarakat agar meminati kesenian daerah seperti dulu, bukan pekerjaan yang mudah.. dan itu merupakan tantangan bagi pemerintah daerah.

Iklan

About Endang Kusman

Pensiunan IPB-Mei 2013, Bisnis Online, Desain Rumah. Lihat semua pos milik Endang Kusman

Komentar yang tidak langsung muncul, artinya komentar yang dianggap spam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: