Tulisan Perdana Endang Kusman

Pada tulisan perdana blog endang kusman ini saya ingin berceritera sedikit perkembangan teknologi informasi yang saya alami sejak saya mengabdi sebagai PNS di Institut Pertanian Bogor, tahun 1978 sampai saya pensiun bulan Mei 2013 yang lalu.

Waktu saya mulai bekerja di IPB sebagai pegawai non dosen bulan Maret 1978 keadaan teknologi informasi masih terbelakang. Komunikasi jarak jauh pada saat itu masih dominan menggunakan jasa Pos dan Giro mengunakan komunikasi surat menyurat.  Saat hari raya Idul Fitri tiba, yang namanya kartu lebaran sangat laris.. Bagaimana sekarang? Tidak ada bukan?

Saat itu saya masih lajang, pacar saya jauh berada di sana.. sangat sulit untuk berkomunikasi. Amplop bergambar bunga merupakan alat komunikasi yang paling ampuh waktu itu. Coba kalau sekarang.. pacar ada diujung duniapun sangat mudah dihubungi dengan ponsel, jejaring social dll.

Bagaimana fasilitas kantor waktu itu? Sangat menyedihkan. Membuat dokumen-dokumen menggunakan mesin ketik manual, paling canggih menggunakan mesin ketik elektrik. Yang kasihan lagi.. mahasiswa membuat skripsi, coba bayangkan dengan menggunakan mesin ketik! Rangkapnya dibuat dengan mesin stencil. Itu artinya komputer belum ada.

Awal tahun 1990-an baru ada 1 atau 2 unit komputer, itupun operatornya masih langka. Kesempatan seperti itu saya manfaatkan.. saya dengan biaya sendiri kursus komputer di luar, mengambil tingkat operator sampai programer.

Awal tahun 2000-an, komputer mulai banyak di kantor. Semua dokumen pekerjaan menggunakan komputer yang penyimpanan datanya menggunakan disket yang berkapasitas penyimpanan sangat kecil. Program yang digunakan adalah Wordstar atau WS untuk pengolah kata, Lotus untuk pengolah angka, dan Dbase III + untuk pengolah data dan pemograman. Ketiga program tersebut saya bisa menguasai berkat kursus.

Bersamaan dengan itu ponsel mulai ada seperti Nokia, Sony versi jadul, yang berat batreynya saja sama dengan 5 bh ponsel saat ini. Dan sejak tahun 2000-an sampai sekarang perkembangan teknologi komunikasi internet, komputer, dan ponsel sangat cepat dan susah untuk diikuti. Kehadiran laptop+desktop berkapasitas besar, ponsel canggih/smartphone, jaringan internet yang semakin baik merupakan bukti pesatnya perkembangan teknologi komunikasi.

Alhamdulillah, dengan memiliki dasar-dasar ilmu komputer jadul, saya tidak terlalu sulit untuk mengikuti perkembangan program-program komputer selanjutnya termasuk internet. Oleh karena itu saya menyukai kegiatan internet marketing disebabkan ada sedikit pengetahuan komputer. Itulah tulisan perdana yang bisa saya tulis mengawali tulisan-tulisan saya berikutnya. Sampai jumpa!

About Endang Kusman

Pensiunan IPB-Mei 2013, Bisnis Online, Desain Rumah. Lihat semua pos milik Endang Kusman

Komentar yang tidak langsung muncul, artinya komentar yang dianggap spam.

